Selasa, 14 April 2015

SERKABELA, SENTRA KERAJINAN MUTIARA DAN PERHIASAN



Mutiara Lombok sudah terkenal keindahannya ke berbagai penjuru Indonesia dan dunia, termasuk ke Eropa. Mutiara Lombok paling terkenal dengan bentuknya yang bundar sempurna, berwarna putih dengan rona pink lembut yang langka dan cocok untuk dikoleksi dalam butiran utuh maupun sebagai perhiasan. Malah, mutiara Lombok menjadi salah satu alasan mengapa bisnis mutiara Indonesia cukup terkenal di mata dunia; kebanyakan turis yang berkunjung ke Lombok juga menyempatkan diri berburu mutiara. Tentu saja, jika Anda berkunjung ke Lombok, kurang lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke sentra perhiasan dan mutiaranya. Daerah tersebut adalah Serkabela.
Sekilas Kampung Serkabela
Hampir semua orang di Lombok tahu nama Serkabela. Kampung Serkabela kelihatannya seperti kampung biasanya dengan jalan agak sempit dan berbagai bangunan rumah serta toko di sampingnya, plus beberapa hotel dan penginapan. Namun, Anda juga akan melihat bahwa di tempat ini banyak sekali toko dan bengkel perhiasan. Selain emas dan perak, penjual serta bengkel perhiasan mutiara juga banyak sekali. Yang dijual tentu saja bintang komoditas di daerah tersebut yaitu mutiara Lombok. Mutiara ini ditawarkan dalam bentuk butiran atau perhiasan, dan kadang malah dijual di gerai biasa, di gang, di depan hotel atau penginapan.

Mutiara yang dijual ada dua jenis, yaitu mutiara tingkat tinggi dan tingkat rendah. Sebutir mutiara Lombok kualitas tinggi bisa berharga minimal 700 ribu rupiah per butir, dan jika bukan musimnya malah bisa lebih tinggi lagi. Akan tetapi, hati-hati jika membeli mutiara di sini, karena banyak pedagang musiman yang menawarkan mutiara kelas lebih rendah pada turis yang kelihatannya tak tahu apa-apa soal mutiara, tetapi mengatakan bahwa itu adalah mutiara kelas tinggi.
Anda juga bisa membeli mutiara yang sudah diset ke dalam bentuk perhiasan, misalnya kalung, gelang, bros emas atau perak dengan mutiara, anting-anting, dan rangkaian perhiasan emas serta perak yang menggunakan mutiara sebagai matanya. Selain mutiara Lombok utuh, inilah barang favorit para turis yang berkunjung ke Serkabela. Perhiasan mutiara Lombok yang eksklusif menjadi kenang-kenangan yang tak ternilai.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar